---WELCOME TO MY BLOG---^_^

Rabu, 10 Oktober 2012

SISTEM INFORMASI.


Hi Bloggers...^^


 Pada tanggal 8 oktober 2012 tepatnya 2 hari yang lalu, saya mempelajari tentang ‘SISTEM INFORMASI’. Pertemuan ketiga kali ini, Bpk. Sofyan mengajarkan materi dengan sejenis permainan ‘BINGO’.

Bagi bloggers yang sering bermain ‘BINGO’ permainan ini tidaklah asing bagi Anda,  dimana berisi angka, kotak dan hanya memerlukan kertas, pulpen atau pensil.  Namun, di materi kali berbeda karena dalam kotak tersebut berisi tentang istilah – istilah tanda tanya (?), dan bertuliskan ‘BINGO’ sebagai bonus.
Sekarang cara bermain dari ‘BINGO’ ini, yaitu apabila istilah – istilah yang dijelaskan dan dimengerti kami berhak melingkari materi dalam kotak tersebut, kalau sudah mencapai 4 kotak yang dilingkari membentuk garis horizontal, vertikal, maupun diagonal. Kemudian, kotak yang berisi tanda tanya (?) dapat kita lingkari apabila kami bisa bertanya dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Pak Sofyan. Ada pun 1 gambar ‘BINGO’ sebagai bonus untuk menghasilkan lebih banyak ‘BINGO’.

Materi dimulai dengan apa itu ‘Sistem Informasi’?.
Sistem Informasi’ adalah suatu kumpulan dari komponen-komponen dalam perusahaan / organisasi yang berhubungan dengan proses pengumpulan, penyimpanan, pengolahan, dan distribusi informasi untuk mendukung pengambilan keputusan, pengendalian, analisis, dan visualisasi dalam organisasi.

Pada umumnya, Sistem Informasi tidak lepas dari kata Data, Information, dan Knowledge, antara lain :
v Data, yaitu kumpulan fakta-fakta (fakta dasar) yang merepresentasikan nilai, kuantitas, konsep, dan jumlah dalam kegiatan bisnis. Data akan bermanfaat jika dapat menghasilkan suatu informasi yang berguna.

v Information, yaitu kumpulan data (fakta) yang telah diolah / diproses dan disimpulkan sehingga menghasilkan fakta yang memiliki nilai tambah.

v Knowledge, yaitu memahami informasi yang diperoleh dari pengalaman / studi dan menghasilkan kemampuan untuk melakukan kegiatan yang efektif dan efisien.

Ada 5 ‘Model Sistem Informasi’, yaitu :
¯ Data Resouces
Bagaimana suatu sumber data dihimpun, diformat, disimpan, dan dientri sehingga dapat mengetahui apa saja yang dapat dihasilkan, dan bagaimana caranya sehingga dapat menjadi data yang baru.

¯  Hardware Resources
Teknik pemasukan data yang didukung oleh Hardware (perangkat keras).

¯ Software Resources
Sub sistem perangkat lunak yang memungkinkan sebuah komputer dapat bekerja untuk mengolah data sehingga bisa menghasilkan informasi.

¯ People Resources
Berkaitan dengan kemampuan pengguna / user untuk mengoperasikan Software maupun Hardware dan harus disesuaikan dengan data yang akan diolah.

¯ Network Resources
        Berkaitan dengan jaringan komputer, media komunikasi, dan dukungan  jaringan untuk distribusi informasi yang berbasis web. 

Adapun istilah – istilah yang ada dalam Model Sistem Informasi, sebagai berikut:
ê      Input : Dilakukan oleh People pada Hardwarenmenggunakan Software melalui Network.

ê      Processing : Pengolahan Hardware menggunakan Software, dioperasikan oleh People dan diperoleh adalah data.

ê      Output : Dihasilkan oleh Software pada Hardware yang menggunakan jaringan, selanjutnya memproses data dan kembali menjadi data yang dapat diolah lagi.

ê      Sistem Control : memantau apakah semua elemen bekerja dengan benar, apakah inputan nya benar, dan apakah proses nya benar dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

ê      Storage : Tempat penyimpanan data, dimana data dapat diinput, diproses, diolah, dan dapat diakses melalui web.

Pembahasan yang terakhir tentang ‘Manajemen Level’ terdiri atas :
Ø Level Operasional
Pada bagian ini menerima data dan mengolah data yang berhubungan dengan transaksi, seperti pencatatan, pelaksanaan teknis.

Ø Level Taktis
Pada bagian ini informasi yang didapatkan dari kebijakan – kebijakan dalam mendukung tujuan dari jangka pendek.

Ø Level Strategis
Informasi dari level Taktis akan dijadikan knowledge / pengetahuan di bagian Strategis sehingga mampu menghasilkan strategi-strategi yang mendukung tujuan jangka panjang organisasi.

Terima kasih, karena Anda telah ingin membaca blog saya. Sekian dulu, materi tentang ‘SISTEM INFORMASI’ dari saya semoga dapat bermanfaat.

Tunggu materi selanjutnya minggu depan ya…^-^




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar