Hai Guys...^_^
Pada pembahasan yang lalu, saya membahas tentang ‘’SISTEM dan ANALISIS SISTEM’’. Namun, kali ini pembahasan saya cukup berbeda dari yang sebelumnya, yaitu mengenai ‘’SOFTWARE’’ di mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).
Pada awalnya, pelajaran dimulai dosen kami bernama
Bpk. Sofyan Thayf Beliau menanyakan kepada kami apa yang dimaksud dengan
SOFTWARE? hmm... menurut saya sich ‘’SOFTWARE’’ adalah aplikasi
atau program yang kita gunakan dalam komputer. Ada berbagai pendapat
muncul dari teman – teman saya yaitu, perangkat lunak, aplikasi, dan program. Namun,
pengertian tersebut kurang begitu tepat untuk yang dimaksud dengan software itu
sendiri.
Kemudian, Pak Sofyan menjelaskan pengertian
software yang sebenarnya, yaitu kumpulan item atau objek
yang membentuk konfigurasi yang terdiri dari program, data, dan dokumen. Ada pun, penjelasan
tentang Data dan Dokumen, yaitu :
µ Data adalah inputan untuk
program dan prosedur menggunakan program, sehingga data juga merupakan
software.
µ Dokumen adalah petunjuk tentang bagaimana program itu digunakan,
bagaimana data disimpan, dan bagaimana hasilnya.
Selanjutnya, kami dijelaskan
tentang Permasalahan Software adalah:
µ Software Is
Engineered : Software tidak diproduksi secara massal dan untuk membuat
software, harus melakukan pengukuran (engineered) sesuai dengan kebutuhan.
µ Software Doesn't
Wear Out : Software tidak lapuk dan dapat
dibuat untuk jangka waktu yang panjang atau tahan lama.
µ Software Is Like
An Aging Factory : Software seperti pabrik yang
menua, kusam / tidak sesuai lagi.
µ Software Is Complex
: Software adalah sesuatu yang
kompleks karena banyak hal yang harus
diperhatikan untuk membuat / mendesign suatu software.
µ Software Is A
"Differentiator (pembeda)" : Keunggulan -keunggulan di software
menjadi ciri istimewa dari pebisnis.
Ada berbagai Macam Software dan Contohnya, yaitu :
ù System Software :
Digunakan untuk melayani software yang lain. Contohnya : Antivirus, Windows,
Proxy, WinRAR, WinZIP.
ù Real - Time
Software : Digunakan untuk mengelola data sesuai waktu software dan hasilnya, langsung
dirasakan pada waktu itu juga. Contohnya : Chatting, Messenger, Mesin ATM.
ù Business Software :
Digunakan untuk keperluan bisnis. Contohnya: ERP.
ù Engineering /
Scientific Software : Digunakan untuk keperluan teknis, masalah pengukuran /
sains.
ù Embedded Software :
Untuk software yang dimasukkan ke
dalam perangkat keras. Contohnya : AC, Jam Tangan, dll.
ù PC Software :
Software yang digunakan untuk keperluan personal komputer. Contohnya :
Microsoft Word, Corel Draw, Windows Media Player, dll.
ù AI Software :
Software yang digunakan untuk memprediksi sesuatu.
ù Web Application :
Untuk suatu aplikasi komputer yang
menggunakan internet / berbasis web. Contohnya : Klik BCA, dll.
Setelah, menjelaskan materi tentang ‘’Macam – Macam Software’’ tiba – tiba kami diajak bermain oleh Pak Sofyan.
Cara Bermain :
ù Pertama : kami disuruh menyiapkan selembar kertas, kemudian Pak Sofyan memberi potongan – potongan kertas kecil yang di mana terdapat 2 material kemudian, kami diminta untuk membayangkan suatu objek sebagai bahan utama dari material tersebut. Setelah itu, kami disuruh untuk menuliskan Judul Projek dan Tujuan dari pembuatannya, dengan persyaratan tidak ada yang boleh ketahui kecuali diri sendiri.
ù Kedua : kami dibagi secara kelompok, 1 kelompok terdiri dari 2 orang dan tidak boleh memilih orang yang disamping kiri / kanan.
ù Kami diminta untuk saling bertanya dan menebak nama material utama juga objek apa yang dibuat oleh teman sekelompok kami. Waktu yang permainan ini hanya 20 menit. Kesulitan dari permainan ini adalah pertanyaan teman hanya dapat di jawab dengan YA / TIDAK. Pertanyaan yang di tanyakan oleh pasangan , ditulis untuk menjadi dokumentasi.
Hasil dari permainan tersebut adalah ada kelompok
yang berhasil menebak dan juga yang tidak berhasil.
Sehingga, menurut
saya kelompok yang berhasil menebak yaitu kelompok yang anggotanya menuliskan
tujuan pembuatan objeknya secara terbuka dan jelas.
Pada akhir permainan kami dijelaskan
tentang tujuan dari permainan tadi, yaitu bagaimana cara kita untuk mengkomunikasikan rancangan program yang telah dibuat supaya
sesuai dengan yang diinginkan oleh user.
Hmm... Ini merupakan permainan
yang menurut saya menarik, seru, sehingga membuat saya tidaklah bosan melainkan,
tetap semangat dalam mengikuti pelajaran tersebut... :)
Setelah itu, kami melanjutkan materi tentang Waterfall Model, tetapi kami belum membahas secara lebih mendalam hanya bagian – bagiannya saja, yaitu:
ù System Engineering
ù Requirements analysis
ù Design
ù Construction
ù Testing
ù Installation
ù Maintenance
Minggu depan kami akan mempelajari pembahasan yang baru, yaitu :
ù Waterfall Model
ù Prototyping Model
ù Rapid Application
Development
ù Incremental Model
ù Iterative -
Incremental
Yang
ingin saya pelajari di pembahasan selanjutnya, adalah :
1. Cara-cara apa sajakah yang kita gunakan untuk membuat sebuah software?
2. Apa hubungannya Software dengan Waterfall Model?
Tunggu materi selanjutnya minggu depan yang lebih seru lagi ya...^-^.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar